Setiap Kamis, Masjid Gedhe Kauman Sediakan Takjil Gulai Kambing

0 komentar
 
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Di Masjid Raya DIY Masjid Gedhe Kauman ada tradisi khusus selama Ramadhan. Setiap Kamis selalu disediakan takjil (makanan untuk berbuka puasa) dengan menu gulai kambing. Takjil gulai kambing ini sudah dilakukan sejak Hamengku Buwono VIII dan KH Ahmad Dahlan masih hidup.
Menu tersebut disediakan setelah shalat Maghrib atau sekitar pukul 18.30 WIB. Ada sebanyak 800 porsi yang disediakan. "Katering menyediakan pun sudah diseleksi oleh panitia kegiatan Ramadhan 1434 H/2013 M Masjid Gedhe Kauman," kata Pengelola Kantor Takmir Masjid Gedhe Kauman Waslan Aslam pada ROL, Kamis (11/7).
Menurutnya, anggaran untuk takjil gulai kambing setiap hari Kamis sekitar Rp 6,8 juta. Dana tersebut disediakan oleh donatur. Bahkan sebelum Ramadhan, sudah ada donatur yang mendaftar untuk biaya lima kali takjil dengan gulai kambing. "Karena selama Ramadhan hanya empat kali Kamis. Maka yang satu kali takjil dengan gulai kambing akan disiapkan untuk hari lainnya."
Jadi, kalau Anda mau berbuka dengan gulai kambing tanpa mengeluarkan biaya dan kebetulan berada di Yogyakarta, datang saja ke Masjid Gedhe Kauman yang berlokasi di alun-alun utara Yogyakarta.  Sedangkan takjil di luar hari Kamis juga selalu nasi dengan sayuran berkuah seperti brongkos, sop makaroni, sayur asem, dan sebagainya. 

Leave a Reply