Nutrisi Tepat Bikin Badan Bugar Selama Berpuasa

0 komentar
 
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asupan nutrisi yang tepat selama menjalankan ibadah puasa cukup penting agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Seperti diungkapkan Ahli Gizi dan Peneliti Gizi Politeknik Kesehatan Jakarta, Marudut, tidak hanya membuat bugar, asupan nutrisi yang seimbang juga bisa menghindarkan dari gangguan kesehatan.

"Kalau tubuh justru lemas selama berpuasa bahkan sampai mengganggu aktivitas berarti ada yang keliru pada nutrisi yang kita konsumsi," kata Marudut di Jakarta, Kamis (27/7).

Marudut mengatakan, perlunya mengkonsumsi nutrisi yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks (lengkap) sehingga gula yang dilepas di dalam tubuh bisa lebih lambat.

"Cara ini akan membuat kita tidak cepat lapar dan tubuh tetap mendapatkan energi sehingga tidak mengganggu dalam menjalankan kegiatan sehari-hari," kata Marudut.

Ia juga mengatakan, tubuh memang mengalami perubahan metabolisme selama berpuasa untuk itu konsumsi makanan harus dilakukan secara bertahap.

"Makanan harus memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh, pemberian nutrisi yang tidak seimbang justru akan mengganggu kesehatan," kata dia.

Seperti diketahui selama menjalankan ibadah puasa seringkali kita tidak dapat menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, tetapi hal ini dapat diimbangi dengan mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayuran.

Makanan berserat itu untuk memudahkan tubuh mengolah dan membuang makanan yang mengandung lemak tersebut sehingga nutrisi tetap terjaga, jelas dia.

Marudut mengatakan, saat ini terdapat produk nutrisi yang sebenarnya dapat dikonsumsi selama berpuasa sehingga tubuh tetap mendapatkan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.
http://www.republika.co.id

Leave a Reply