Koneksi Internet (broadbrand) tercepat di Dunia

0 komentar
 

Jika kita ingin tahu kecepatan akses internet tercepat di dunia saat ini, ternyata tidak perlu jauh-jauh melihat Amerika atau Eropa. Karena ternyata akses internet tercepat saat ini masih dipegang Asia, bahkan paling tidak ada 3 negara Asia dengan koneksi internet tercepat didunia. Kemudian bagaimana dengan koneksi internet di Indonesia?
Berdasarkan penelitian dan laporan dari Akamai “State of the Internet” untuk pertengahan tahun 2012, Hongkong merupakan negara yang mempunyai koneksi internet maksimum (peak) tercepat, yaitu sekitar 49.2 Mbps ( ~6.15 MB/s mungkin setara dengan kecepatan rata-rata kita menulis data ke USB flashdisk atau untuk download video 700 MB bisa selsai kurang dari 2 menit). Disusul oleh Korea Selatan dan Jepang.
Kabar baiknya bahwa hampir semua negara di dunia mengalami peningkatan kecepatan akses internet, rata-rata sekitar 44% dibanding tahun sebelumnya. Untuk kecepatan rata-rata akses internet di dunia, masih tetap dipegang oleh Korea Selatan dengan kecepatan 14.2 Mbps, baru kemudian diikuti oleh Jepang dan Hongkong.
Lalu bagaimana dengan kecepatan akses internet di Indonesia? Melihat laporan dari Akamai, untuk Indonesia, kecepatan maksimal yang terjadi pada pertengahan tahun 2012 adalah 8.3 Mbps (cukup lumayan). Tetapi untuk rata-rata kecepatan akses internet masih cukup jauh dari rata-rata kecepatan akses internet di dunia, di Indonesia masih sekitar 770 kbps ( naik turun dari September 2007 sebesar 690 kbps).
Khusus untuk indonesia, sepertinya rata-rata 770 kbps jika dirinci akan lebih banyak yang masih jauh dibawah 256 kbps, terutama pengguna modem yang mungkin karena banyaknya pengguna tidak sebanding dengan infrastruktur yang tersedia, sehingga masing-masing pengguna internet masih jauh dibawah rata-rata. Semoga saja kedepan akses internet di Indosia bisa semakin tinggi dan semakin murah.
http://ebsoft.web.id/koneksi-internet-broadbrand-tercepat-di-dunia/

Leave a Reply