Pendaftaran Online Bagi Peserta I’tikaaf pada 10 Hari Terakhir Ramadhan di Masjid Nabawi

0 komentar
 

Masjid Nabawi Madinah di Arab Saudi untuk pertama kalinya menerapkan sistem baru di mana jamaah harus mendaftar online sebelum i’tikaaf selama 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan.
Sistem baru bertujuan menjaga data identitas jamaah yang hadir di masjid selama i’tikaaf untuk alasan keamanan. Harapannya setiap orang mematuhi peraturan i’tikaaf ketika menghabiskan 10 hari terakhir bulan Ramadhan di masjid.
Di antara aturannya adalah menyangkut barang bawaan, yang hanya terbatas pada satu bantal dan selimut. Aturan lainnya termasuk menjaga kebersihan masjid, tidak mengganggu jamaah lain, dan hanya duduk di daerah yang disediakan untuk i’tikaaf di bagian utara masjid.
Peserta i’tikaaf dilarang menggantung pakaian mereka di rak-rak tempat meletakkan Al Quran atau di dinding dan jendela masjid dan meninggalkan barang-barang pribadi di dekat AC atau di rak sepatu. Mereka juga tidak diperbolehkan untuk duduk atau tidur di tempat di mana jamaah lainnya sedang melaksanakan sholat.
Sistem online ini tidak hanya untuk kemashlahatan masjid tetapi juga bagi jamaah sehingga tidak perlu lagi antre memasuki masjid untuk mendaftar.
Ini juga akan memastikan bahwa jamaah akan membaca semua peraturan secara online sebelum datang. Sehingga diharapkan tidak ada yang melanggar peraturan dan penuh sesak di pintu masuk.
(alarabiya)

Leave a Reply