Kipo, Makanan Khas Kotagede

0 komentar
 


Berbicara mengenai sebuah makanan khas pasti setiap daerah punya dan jelas makanan khas tersebut berbeda dengan daerah yang lain. Dan bisa jadi makanan khas tersebut hanya bisa ditemui di satu tempat tersebut, tidak bakal nemu di tempat lain. Bagitu juga dengan tempatku. Sebuah kota kecil di sudut tenggara Kota Jogja,kira-kira 10 kilometer lah dari pusat kota(Malioboro). Kotanya sih kecil tapi nama itu malah kebalikannya, yaitu Kotagede (Gede dalam bahasa Indonesia artinya Besar). Aku nggak akan bahas detail tentang Kotagede, temen-temen bisa lihat disini wae kalo pengen tau.
Oke, lanjut kembali ke makanan khas. Kotagede mempunyai sebuah makanan khas yang sangat enak (menurut aku), dan tidak akan bisa temen-temen dapatkan di Kota lain. Hanya ada di Kotagede thok, nama makanannya KIPO. Aneh dan unik to namanya, bukan hanya namanya aja yang unik, bentuknya pun juga unik. Lihat deh di Bawah ini.
Bentuknya bulat pipih kecil, seukuran ibu jari berwarna hijau. Dengan rasa perpaduan manis dan gurih. Kipo ini terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan santan dan garam, dan diisi dengan enten-enten yaitu campuran kelapa muda parut dengan gula jawa. Emz,,sangat tradisional banget kan.
Nama KIPO itu sendiri berasal dari kata IKI OPO (ini apa). Ya biasalah orang Jawa sering menyingkat-nyingkat kata seperti itu, iki opo menjadi kipo, ora usah menjadi rasah, dan lain sebagainya lah. Pada awalnya memang makanan ini belum diberi nama. Karena masih baru dan belum ada namanya banyak para pembeli yang bertanya “kipo (iki opo)?”. Dari situlah asal nama KIPO.
Di Kotagede sendiri pembuat kipo tidak banyak, hanya ada beberapa aja. Dan pembuatnya pun juga masih satu keluarga. Jangan harap temen-temen bisa mendapatkan makanan khas Kotagede ini di tempat lain. Jadi buat temen-temen yang lagi maen ke Jogja, mampir aja ke Kotagede dan rasakan kenikmatan KIPO. 

Leave a Reply