5 Aplikasi Android Untuk Menyambut Bulan Ramadhan 2012

0 komentar
 

Sebentar lagi insya Allah kita akan bertemu dengan bulan yang penuh berkah, rahmat serta ampunan dari Allah subhanaahu wata’aala, yaitu bulan Ramadhan 1433 H. Pada bulan Ramadhan selain kita diwajibkan oleh Allah untuk berpuasa, kita disunnahkan untuk memperbanyak ibadah-ibadah kita serta banyak berdoa serta mohon ampun kepada Allah.
Bagi para pengguna Android, untuk menambah rasa syukur kita kepada Allah karena telah dianugerahkan gadget yang sudah ber-OS-kan Android, tidak ada salahnya kita mengisi atau menginstal aplikasi yang bermanfaat, yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah ‘azza wa jalla.
Nah, kali ini saya akan berbagi informasi aplikasi Android apa saja yang mungkin bisa Anda gunakan untuk mengisi waktu-waktu di Bulan Ramadhan ini atau hari hari menjelangnya.
1. Quran Android
Aplikasi yang pertama yang sebaiknya Anda install adalah Quran Android. Aplikasi ini adalah open source, makanya free alias gratis. Namun walaupun gratis, kemampuan dan fitur-fiturnya patut diacungi jempol. Diantaranya adalah tampilan font yang menarik, audio pembacaan oleh para qari yang berjumlah sekitar 19 qari yang gratis untuk Anda dowonload serta highlight tampilan ayat yang selaras dengan bacaan qari tersebut. Ada fasilitas bookmarknya juga.
2. Resala Ramadan
Aplikasi ini buatan anak negeri. Tepatnya oleh tim Yufid yang bermarkas di kota gudeg alias Yogyakarta. Resala Ramadan adalah aplikasi yang cocok untuk menyambut bulan Ramadhan karena aplikasi ini menampilkan artikel-artikel yang berhubungan dengan Ramadhan. Sebagai contoh, artikel tentang keutamaan bulan ramadhan, keutamaan menyegerakan berbuka, tentang shalat tarawih, sahur, berbuka dan lain-lain. Dan yang pasti rujukan yang diambil adalah dari ayat dari Quran, serta hadits yang shahih sehingga membuat kita tenang dalam mengamalkannya.
3. Islamic Compass – Prayer Times
Aplikasi ini berfungsi selain sebagai penentu arah Qiblat, juga berfungsi sebagai pengingat waktu sholat. Tampilannya tidak diragukan lagi, dengan sentuhan desainer yang professional, kata elegan adalah pantas untuk disandarkan padanya. Aplikasi ini tidak gratis alias berbayar. Anda cukup mengganti 3,66 US dollar atau sekitar 34 ribu rupiah. Cukup murah dengan fitur yang melimpah.
4. Muslim Kids Series: Dua
Walaupun aplikasi ini ditargetkan untuk kalangan anak-anak karena dengan tampilan yang menarik serta bernuansa santai, tidak ada salahnya para orang tua ataupun remaja untuk mencoba aplikasi ini, yang dibuat juga oleh tim Yufid Yogyakarta.
Aplikasi ini menampilkan beberapa doa sehari-hari yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Kelebihannya adalah di setiap doa ada audio pembacaannya oleh seorang anak kecil. Disamping itu, rujukan doa-doa yang ditampilkan tidak diragukan lagi keshahihannya karena diambil dari hadits-hadits yang kuat. Karena kita sering mendapati aplikasi-aplikasi Islami di internet, mereka menggunakan hadits-hadits yang lemah, bahkan ada yang palsu dalam fadhail amal, yang seharusnya tidak boleh diamalkan oleh seorang muslim.
5. Ramadan 2012 Theme GO Launcher
Walaupun tidak begitu penting, pilihan aplikasi terakhir ini mungkin bisa menambah suasana yang berbeda di gadget Anda di bulan Ramadhan 1433 H ini. Yaitu dengan menginstall tema/theme Ramadan 2012 Theme GO Launcher. Sebelum Anda menginstall theme ini, Anda harus terlebih dahulu menginstall Go Laucher.

24 Sya’ban 1433 H, Bintaro, Tangerang, Indonesia.

Leave a Reply