Pernik Semarak Ramadhan

0 komentar
 

Nama eBook: Pernik Semarak Ramadhan di Indonesia
Penulis: Ustadz Anas Burhanuddin, MA خفظه الله
Pengantar:
Alhamdulillah. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad صلى الله عليه وسلم, ahlul bait-nya dan sahabatnya serta yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.
Penulis dalam Muqoddimah berkata:
Bulan Ramadhan selalu mendapat tempat khusus di sanubari kaum Muslimin. Setiap negara memiliki pernik-pernik tersendiri dalam menyemarakkannya. Di Indonesia, ada banyak kegiatan yang biasa dilakukan untuk meramaikankan bulan barakah ini. Jalan-jalan selepas shalat Subuh, ngabuburit menjelang buka puasa, bermain kembang api dan petasan, dan ronda malam menjelang sahur adalah contohnya.
Contoh-contoh di atas banyak terjadi di bulan Ramadhan meski juga dilakukan di waktu lain. Yang menjadi pembahasan tulisan ini bukan ibadah-ibadah yang disyariatkan atau acara-acara bid’ah menyambut Ramadhan seperti padusan dan nyadron di mana hukumnya sudah jelas. Yang akan dibahas adalah pernik-pernik penyemarak yang hukum dasarnya mubah (boleh), namun barangkali mengandung unsur yang membuatnya tidak lagi mubah dan perlu untuk diperingatkan, agar bulan Ramadhan kita semakin barakah dan tidak mengundang murka Allah عزّوجلّ. Mari kita membahasnya satu persatu dan memulainya dari kegiatan di awal hari.
Kemudian penulis -semoga Allah menjaganya- menyebutkan 5 hal yang yang dimaksud yaitu:
  1. Jalan-jalan selepas sholat Subuh
  2. Ngabuburit
  3. Kembang Api dan Petasan
  4. Ronda membangunkan orang sahur
  5. Bergadang di malam Ramadhan
Semoga yang disebutkan penulis dalam eBook ini menjadi perhatian kita semua, jangan malah bulan yang penuh berkah ini menjadi bulan azab bagi kita.
Download:
Pernik Semarak Ramadhan di Indonesia
Download CHM atau Download ZIP

Leave a Reply