Kumpulan Artikel Puasa Ramadhan 2012

0 komentar
 

Mengawal masuknya bulan ramadhan, antusiasme kaum muslimin terhadap islam mulai bermunculan. Di saat yang sama, banyak orang yang mencari kumpulan artikel tentang puasa. Fenomena yang menarik ini, patut untuk dibanggakan. Betapa tidak, kejadian ini menunjukkan bagaimana semangat mereka untuk belajar sebelum beramal. Dan itu bagian dari prinsip penting dalam beragama, agar kita tidak tersesat dalam beramal,layaknya orang nasrani yang Allah sebut dalam Alquran sebagai Ad-Dhalliin (orang yang sesat).

Mengawali masuknya ramadhan pula, di kesempatan pertama ini, kami menyajikan 6 artikel pilihan tentang fikih ramadhan. Semoga menjadi pencerahan bagi anda.

Kumpulan Artikel Puasa Ramadhan 2012 – (bagian 01)

Kegiatan ini mulai marak, sejalan dengan semangat umat islam untuk membersihkan dirinya dari semua bentuk kesalahan. Meskipun, ini hanya ramai di sekitar bulan ramadhan. Lucunya, sebagian orang memlintir hadis untuk menyemangati rekannya agar saling bermaaf-maafan menjelang ramadhan. Bisa anda simak selengkapnya.
Tidak asing di telinga kita, banyak mimbar ramadhan yang sering menyebutkan pembagian hari di bulan ramadhan menjadi 3: rahmat, maghfirah, dan itqum minan-nar. Padahal sejatinya, anggapan ini bersumber dari hadis yang lemah.
Kita sepakat bahwa semua amal ibadah butuh niat. Tak terkecuali puasa. Lantas apa yang harus dilakukan ketika ada orang yang belum mengetahui bahwa besok pagi adalah ramadhan, dan dia baru sadar di pagi hari? Orang ini tentu belum berniat puasa di malam harinya. APa yang harus dilakukan? Wajibkah mengqadha puasanya?
Bagaimana menyikapi perbedaan penetapan tanggal 1 ramadhan atau tanggal 1 syawal dari berbagai negara? Di sini kita akan mengenal istilah mathla’, wihdatul mathla’, rukyah, dan bagaimanakan pendekatan yang tepat antara dalil dengan fenomena alam.
Niat puasa, wajib dilakukan sebelum subuh. Apakah ini harus dilakukan tiap malam? Atau bolehkah langsung digabung selama sebulan?
Bingung mikir perbedaan ormas dalam menetapkan awal bulan ramadhan dan syawal. Perselisihannya bukan lagi masalah metode yang ditempuh untuk menetapkan tanggal 1. Tapi sudah sampai pada taraf gengsi dan politis. Kita sebagai rakyat, apa yang harus dilakukan?

#Hikmah Diwajibkannya Puasa
Barangkali kita telah sepakat bahwa diantara hikmah berpuasa adalah agar kita bisa merasakan penderitaan mereka yang tidak mampu. Tapi, ada hikmah lain yang jauh lebih penting dari itu. Hikmah dan tujuan puasa ini telah Allah nyatakan dalam Al-Quran. Namun sayang, banyak orang yang ternyata gagal mendapatkannya.
#Hukum Puasa Sambil Bersantai
Banyak orang yang menghabiskan waktu puasanya hanya untuk bersantai dan bermalas-malasan. Apakah ini mempengaruhi kualitas pahala puasanya?
#Hukum Memakai Alat Bantu Pernafasan Bagi Orang Berpuasa
Ketika seseorang sedang menderita asma, bolehkah dia menggunakan alat bantu pernapasan ketika puasa? Apakah ini bisa membatalkan puasanya?
#Wanita tidak Puasa karena Menyusui, Qadha’ ataukah Fidyah?
Ulama berbeda pendapat tentang hukum wanita hamil atau menyusui yang tidak sanggup puasa. Berikut pendapat Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin
#Hukum Puasa Bagi Orang yang Sakit Stroke
Kasus orang stroke, pikun, dan sebangsanya, apakah dia masih wajib puasa? Jika dia tidak berpuasa, apa yang harus dilakukan?
#Meninggalkan Puasa Ramadhan Selama Empat Tahun Karena Gangguan Kejiwaan
Kasus orang yang gila sementara, kejang-kejang, sehingga tidak berpuasa ramadhan ketika itu, apakah dia wajib qadha ketika sadar?. Bagaimana yang gilanya menaun?


Leave a Reply