Cara Menghitung Zakat Harta

0 komentar
 

Nama eBook: Cara Menghitung Zakat Mal
Penulis: Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, MA خفظه الله
Pengantar:
Segala puji hanya milik Allâh Ta’ala, shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, keluarga dan sahabatnya.
Zakat adalah satu dari rukun Islam, kewajibannya telah disepakati umat ini. Zakat adalah sebuah tanda syukur dari nikmat yang diberikan Allah kepada kita.
Salah satu Zakat yang diwajibkan adalah zakat harta bila telah mencapai Nishob dan Haul, namun bila tidak ditunaikan maka seluruh harta tersebut akan berubah menjadi petaka dan siksa baginya, Allah berfirman:
وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلاَ يُنفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللّهِ فَبَشِّرْهُم بِعَذَابٍ أَلِيمٍ. يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَـذَا مَا كَنَزْتُمْ لأَنفُسِكُمْ فَذُوقُواْ مَا كُنتُمْ تَكْنِزُونَ
“…Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allâh, maka beritahukanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas dan perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dahi, lambung dan punggung mereka dibakar dengannya, (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu”. (QS. at-Taubah/9:34-35)
Bagi sebagian orang yang akan berzakat mungkin mengami kendala dalam cara menghitungnya, maka inilah petunjuk praktis dalam menghitungnya dan beberapa masalah yang berkaitan dengannya.
Download:
Cara Menghitung Zakat Harta
Download CHM atau Download ZIP

Leave a Reply