Kajian Ramadhan "Puasa Dan Kesehatan"

0 komentar
 

PUASA DAN KESEHATAN
View more PowerPoint from bintimuthoharoh


PUASA DAN KESEHATAN — Presentation Transcript
1. PUASA DAN KESEHATAN dr. Dedi Susila
2. KESEHATAN DALAM ISLAM Health : a blessing from Allah : (al-Hadits) “ There are two blessings which people do not appreciate : Health and leisure” “ No blessing other than faith is better than health” Sehat (WHO) : “Health is a state of complete physical, mental and social well being, not merely the absence of diseases or infirmity Makna dan dimensi kesehatan dalam Islam : Pengertian integral kesehatan meliputi : Kesehatan tubuh (body health) Kesehatan mental (mental health) Kesehatan moral (moral health) Kesehatan spiritual (spiritual health) Kesehatan dipengaruhi tiga jenis faktor : (faktor konstitusional, faktor lingkungan, faktor perilaku) Dua tujuan pengobatan : Menghambat penyakit, memelihara dan mempromosikan kesehatan
3. PUASA DAN KESEHATAN BADAN Puasa bulan ramadhan biasanya 14 jam sehari sampai 29-30 hari Penelitian mirip puasa dilakukan FG. Benedict th 1915 thd puasawan malta.(merekan merasa sehat & bergairah) Dr. Alan colt dari USA , manfaat puasa : Fisik lebih baik, batin atau rohani terasa bersih, Tekanan darah dan kadar kolesterol terkontrol, nafsu sexual terjkendali Mengendurkan ketegangan Menajamkan perasaan Mampu menguasai diri Menghambat proses penuaan Meningkatkan daya tahan tubuh Penemuan ini didukung Dr. Yuri Nikolayef dari Rusia : “Dgn berpuasa kemampuan fisik mjd lebih muda, baik fisik /mental
4. PUASA DAN KESEHATAN BADAN Berpuasalah kamu supaya kamu sehat (Hadist) “ Dan makan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tdk menyukai orang yg berlebih-lebihan” (QS. 7 :31) Kami(adalah umat) yg makan hanya bila kami merasa lapar, dan bila makan, kami tiadalah sampai kenyang (Al-Hadist) Perut ini adalah rumah segala penyakit dan penjagaan atas makanan adalah permulaan pengobatan. Permulaan segala penyakit adalah mengisi perut berlebih-lebihan (Al-Hadist)
5. PUASA DAN KESEHATAN MENTAL Puasa juga perjuangan menahan emosi dan mengendalikan seluruh organ tubuh dari melakukan hal yg dimurkai Allah Rasul mangatakan “ Innii shooimun” Puasa, melatih kesabaran dan menjadikan hidup bermakna. Rasulullah bersabda :”Puasa adalah separoh kesabaran” (HR At Tirmidziy). Marah akan meningkatkan hormon katekolamin , hormon ini akan memacu jtg, menegangkan otot, menaikkan tensi dimana hal ini akan mempercepat penuaan EQ (emotional quotion) lebih menentukan keberhasilan hidup Puasa obat dari problem cemas dan putus asa “ Ingatlah ! Hanya dengan mengingat Allah SWT sajalah hati itu akan menjadi tenang “
6. Puasa dan Produktivitas Sosial Hadist : “Sebaik-baik manusia, adalah yg terbanyak memberikan manfaat pada manusia” Memperbaiki aspek sosial dari banyak sisi : Rasa lapar, meningkatkan kepekaan Kedisiplinan puasa merasa diawasi oleh Allah Rangsangan ibadah sunnah, membuat lebih dekat kepada Allah Zakat fitrah memantapkan kepedulian thd sesama “ Apabila orang-orang mengetahui nilai lebih Ramadhan, mereka akan berharap agar semua bulan dijadikan sebagai bulan Ramadhan.” (HR. Ibnu Huzaimah).
7. TIPS SEHAT PUASA RAMADHAN Lakukan pemanasan dengan puasa sunnah sya’ban Kuatkan niat dan doa memohon pertolongan Allah SWT Usahakan makan sahur satu jam menjelang imsya’ Lengkapi menu makanan memenuhi gizi empat sehat lima sempurna Segerakan berbuka pada waktu maghrib, dengan makan kurma atau makanan yang manis (misal : kolak,kue) Berhentilah makan sebelum kenyang, lanjutkan makan setelah sholat tarawih.
8. Lakukanlah aktivitas anda seperti biasa dan rasakan manfaatkan puasa bagi tubuh anda. Rasa lapar mendorong pemakaian zat lemak yang menumpuk di jaringan tubuh sehingga anda menjadi lebih sehat, nafsu / jiwa lebih terkendali dan menghambat proses penuaan. Ibu hamil / menyusui gizi harus terpenuhi (konsultasi dengan dokter) Jangan lupa minum obat sesuai anjuran dokter. Boleh melakukan :Injeksi / suntikan, Menetes-kan obat mata, Donor darah, Sikat gigi/ berku-mur (makruh), Menelan ludah sendiri
9. PUASA & SAKIT MAAG Hindari jenis makanan yang pedas dan asam baik saat sahur dan berbuka Jangan terlalu kenyang waktu berbuka , tambahkan setelah sholat taraweh dan menjelang tidur Obat maag bisa diminum setelah berbuka , akan tidur dan setelah sahur. Tenangkan jiwa dan jauhi stres
10. PUASA & DIABETES (KENCING MANIS) Kalori pria 1900 Kcal / hari, wanita 1500 Kcal / hari Jadwal diet : Buka puasa 18.00 makan utama (1) Sesudah taraweh 20.00 makan utama (2) Sesudah tidur malam 22.00 makan kecil (1) Sahur 03.00 makan utama (3) Sebelum Imsya 03.30 makan kecil (2)
11. Jadwal obat : Pil penurun glukosa : sebelum berbuka puasa (makan utama) dan sebelum makan utama kedua , jangan diminum saat sahur Olahraga setelah sholat taraweh Insulin dosis < 20 – 30 unit / hari : sebelum berbuka.
12. PUASA & GINJAL Penderita batu ginjal dan asam urat harus minum banyak, kalau kumat harus diobati dulu sampai sembuh Penderita gagal ginjal kronik dilarang berpuasa. Penderita gagal ginjal terminal dengan hemodialisis (HD) boleh berpuasa

Leave a Reply